Selasa, 16 Oktober 2012

Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas V / 5 (lima) Bahasa indonesia

Diposkan oleh Nurminda di 09.50

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Pokok Bahasan       : Cerita Rakyat
Kelas/Semester       : V/I
Waktu                        : 2 x 15 menit
Pertemuan ke          : 2
Bahasa Indonesia
I.              Standar Kompetensi
Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan
II.            Kompetensi Dasar
Mengidentifikasikan unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya
III.           Indikator
·         Membaca cerita rakyat bergantian
·         Menyebutkan nama-nama tokoh
·         Menyebutkan watak para tokoh
·         Menceritakan kembali secara singkat
·         Menjelaskan amanat yang dapat diambil dan diamalkan
IV.          Tujuan Pembelajaran
·         Setelah peserta didik membaca dan mendengarkan cerita rakyat yang dibacakan secara bergantian di dalam kelas, peserta didik mampu menyebutkan nama-nama tokoh secera lengkap
·         Setelah peserta didik membaca dan mendengarkan cerita rakyat yang dibacakan secara bergantian di dalam kelas, peserta didik mampu menyebutkan watak masing-masing tokoh secara tepat
·         Setelah peserta didik membaca dan mendengarkan cerita rakyat yang dibacakan secara bergantian di dalam kelas, peserta didik mampu menceritakan kembali cerita rakyat yang dibaca dan didengarnya secara singkat dan menyeluruh
·         Setelah peserta didik membaca dan mendengarkan cerita rakyat yang dibacakan secara bergantian di dalam kelas, peserta didik mampu menjelaskan amanat yang dapat diambil dan harus diamalkan dengan baik
Ø  Karakter peserta didik yang diharapkan: disiplin, tekun, cerdas, kreatif, rajin, jujur, tegas, berani, tulus, setia, simpatik, dan patriotik.
V.           Pendekatan Pembelajaran     : Cooperatif
Pendekatan Metode                 :  -   Demonstrasi
-     Tanya jawab

VI.          Langkah Kegiatan
·         Kegiatan Awal
Ø  Pengkondisian kelas, berupa berdo’a bersama, absen, sapa salam, menjelaskan tujuan pembelajaran, bertanya materi yang lalu, dan mengkondisikan situasi belajar.
Ø  Apersepsi
·         Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
§  Melakukan tanya jawab seputar cerita rakyat yang pernah dibaca peserta didik atau yang pernah didengar
§  Memberikan gambaran pengetahuan mengenai cerita rakyat yang ada di Indonesia dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membagi pengetahuannya

Ø  Elaborasi
§  Peserta didik membaca teks cerita rakyat secara bergantian dan berantai
§  Peserta didik menyebutkan nama dan watak tokoh
§  Peserta didik diminta untuk berpartisipasi aktif dalam menceritakan ulang cerita rakyat yang telah dibacakan
Ø  Konfirmasi
§  Peserta didik menyimpulkan amanat dari cerita rakyat yang dapat diambil dan diamalkan
§  Dan membuat kesimpulan watak baik yang pelru dicontoh dan watak buruk yang harus dihindari

·         Kegiatan Akhir
Ø  Guru memberikan pekerjaan rumah berupa tugas membaca cerita rakyat dari daerah lain dan menyalinnya di buku tulis
Ø  Guru mengkondisikan pembubaran kelas, berupa perintah bersikap tertib dan rapi, berdo’a, dan mengantar pembubaran kelas dengan tertib

VII.         Alat dan bahan
·         Buku Bina Bahasa dan sastra Indonesia kelas 5A penerbit umum, standar isi 2006
·         Teks cerita rakyat berupa buku kumpulan cerita rakyat
·         Teks cerita rakyat berupa potongan paragraf
VIII.       Penilaian
·         Bentuk instrumen
Ø  Lisan berupa tanya jawab
Ø  Tulisan berupa pekerjaan rumah

Purwakarta,  April 2012
Mengetahui,
Dosen pembimbing                                                                          Guru Kelas




Dra. Hj. Tati Sumiati, S.Pd, M.Pd                                                   Aria Putri



0 komentar:

Poskan Komentar

 

Rakebong Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review